TIKUS

TANDA INFESTASI TIKUS

  • Diketemukan tikus hidup maupun mati.
  • Adanya sarang tikus berupa lubang di tanah, pondasi rapuh (Norwegian rat), atau seresah daun dan ranting di atas atap atau plafon (Roof rat).
  • Kerusakan akibat gigitan tikus pada kabel, dan benda lainnya.
  • Jalur pelarian warna hitam pada kabel, pipa, atau kayu.
  • Kotoran dan suara tikus

Tikus dikenal sebagai hewan komensal. Istilah tersebut digunakan untuk menggambarkan hewan pengerat yang umumnya ditemukan hidup berhubungan atau berasosiasi cukup dekat dengan manusia dan sangat tergantung pada habitat manusia dari keberadaan makanan, air, ruang dan tempat tinggal. Spesies tikus yang dikategorikan sebagai hewan komensal adalah tikus rumah (Mus musculus), tikus norwegia (Rattus norvegicus), dan tikus atap (Rattus rattus).

Tikus rumah, House mouse (Mus musculus)
Panjang kepala dan tubuh 6.5 – 9.5cm. Panjang ekor 7 – 10.2cm dan berat sekitar 12 – 30 gram. Rambut halus dan umumnya berwarna abu-abu tua pada sisi punggung sedangkan bagian perut berwarna abu-abu muda meskipun beberapa berwarna coklat muda hingga abu-abu gelap. Moncong meruncing dan mata kecil. Panjang dropping dewasa 3 – 6mm berbentuk batang lurus dengan ujung meruncing.

 

Tikus norwegia, Norwegian rat (Rattus norvegicus)
Panjang kepada dan tubuh 18 – 25cm. Panjang ekor 15 – 21 cm dan jika ekor ditarik melewati tubuh tidak menjangkau sampai ujung moncong. Berat umumnya 200 – 500 gram tapi bisa sampai 620 gram. Rambut kasar, lebat dan berwarna coklat dengan rambut hitam tersebar di punggung dan berwarna abu atau putih kekuningan di sisi bawah. Moncong tumpul, mata kecil dan kuping kecil (tidak menjangkau mata). Ekor bersisik, warna gelap di punggung ekor, dan lebih pendek dari panjang kepala dan tubuh digabungkan. Panjang dropping dewasa 20mm dan berbentuk kapsul dengan ujung tumpul.

 

Tikus atap, Roof rat (Rattus rattus)
Panjang kepala dan tubuh 16 – 20cm. Panjang ekor 19 – 25cm dan jika ekor ditarik melewati tubuh dapat menjangkau ujung moncong. Berat 150 – 250 gram, tetapi dapat mencapai 340 gram. Tubuh langsing dengan rambut halus dengan warna cokelat dan kadang hitam. Moncong runcing, dengan mata besar dan kuping besar (dapat ditarik menutupi mata). Ekor bersisik, berwarna hitam merata, dan panjang melebihi panjang kepada dan tubuh digabungkan. Panjang dropping dewasa 12.5mm dan berbentuk spindle atau poros dengan ujung meruncing.

KAMI SIAP MEMBANTU ANDA MENGATASI PERMASALAHAN TIKUS

Pengendalian hama tikus secara profesional dilakukan dengan konsep Integrated Rodent Management mempergunakan kombinasi inspeksi, monitoring dan treatment. Penggunaan multi metode meliputi pendeteksian keberadaan infestasi tikus, pemasangan perangkap, pemasangan umpan, pemasangan monitoring station oleh teknisi Primakare. Teknisi kami akan membantu melakukan proteksi akses tikus dengan tindakan penutupan akses yang efektif jika memungkinkan untuk mencegah terjadinya infestasi berulang.

HUBUNGI KAMI SEKARANG!
UNTUK PENANGANAN MASALAH HAMA DI TEMPAT ANDA